Selasa, 19 Februari 2013

Cara Menjadikan Hobi sebagai Sumber Penghasilan

Meskipun hobi dapat memberikan pengalih perhatian yang menyenangkan dari tekanan kehidupan sehari-hari, Anda juga mungkin dapat menggunakan hobi Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk membayar tagihan pam, tagihan listrik, taginan internet atau bahkan menabung untuk hari tua anda. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan mungkin dapat mengubah hobi Anda menjadi sumber  penghasilan penuh-waktu. Beberapa hobi , seperti melukis, menulis, kerajinan, olahraga dan fotografi, dapat dialihfungsikan menjadi suatu  usaha bisnis sebagai sumber penghasilan.

Beberapa langkah yang harus Anda perhatikan sebelum menjadikan  hobi Anda menjadi sumber penghasilan, antara lain :

pertama, Permintaan
Sebelum Anda mengubah hobi Anda menjadi suatu bisnis
usaha, Anda harus melakukan survey  apakah ada peluang pasar / permintaan untuk ‘ sesuatu ‘  yang ingin Anda jual. Misalnya, jika Anda seorang yang hobi bermain golf dan ingin memberikan pelatihan tentang bermain golf, bergabunglah  dengan kelompok golf atau cari informasi di  pusat golf  Anda untuk mengetahui apakah kebanyakan pelanggan bertanya tentang pelajaran seputar cara-cara bermain golf. Demikian pula, jika Anda penghobi melukis dan ingin menjual lukisan abstrak karya Anda , kunjungi galeri di daerah Anda dan tempat penelitian seni online untuk menentukan apakah ada ceruk pasar untuk karya seni Anda tersebut.

kedua, Rencana Bisnis
Setelah Anda memutuskan untuk menjadikan  hobi Anda menjadi sumber penghasilan, mengembangkan rencana bisnis akan membantu Anda untuk memetakan jalan ke profitabilitas [ keuntungan ]. Sebuah rencana bisnis dapat memberikan arah bagi aspek bisnis dan keuangan dari hobi Anda, dan juga membantu Anda tetap fokus pada bisnis Anda dan membujuk pemberi pinjaman dan investor untuk memberikan uangnya pada Anda  untuk mengembangkan bisnis Anda.

ketiga, Penawaran kelas / kursus
Penawaran kelas / kursus melalui iklan surat kabar, iklan baris online dan situs media sosial / jejaring social untuk membantu orang lain belajar mengenai hobi Anda.  Apakah Anda menikmati bermain golf, melukis, menulis atau kerajinan, Anda dapat memberikan instruksi kepada orang lain untuk membantu menambah penghasilan Anda. Kelas / kursus dapat diadakan di pusat-pusat komunitas lokal, perpustakaan , toko-toko ,  tempat foto kopi, atau Anda dapat menawarkan instruksi individu di rumah Anda atau di rumah klien Anda.

Keempat, Freelancing
Menawarkan jasa lepas kepada klien untuk membuat uang dari hobi Anda. Jika Anda suka menulis, Anda dapat bergabung lepas
di beberapa situs seperti Desk, eLance dan Freelancer untuk mencari klien yang membutuhkan konten online atau offline. Demikian pula, Anda dapat menggunakan situs tersebut  untuk mendapatkan penghasilan dari hobi seperti desain website, pemrograman, fotografi, produksi video atau desain grafis.

Kelima,Lelang Online
Menjual produk yang Anda hasilkan melalui lelang online. Jual kerajinan, lukisan, patung dan perhiasan buatan tangan melalui situs lelang online dapat membantu Anda mendapatkan uang ekstra, sementara
itu memungkinkan Anda untuk menikmati hobi anda. Kebanyakan situs lelang online memungkinkan Anda untuk mengatur jumlah tawaran minimum untuk setiap kreasi Anda sehingga Anda tidak akan pernah berhenti  menjual produk yang Anda tawarkan. Karena lelang online memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens nasional dan internasional, faktor biaya pengiriman ketika menentukan harga untuk kreasi Anda.

Keenam , Blog dan Website
Promosikan produk Anda melalui website atau blog. Anda dapat menyediakan konten tentang hobi Anda untuk membantu membangun website atau blog di mesin pencari, yang dapat menarik pengunjung
sehingga akhirnya tertarik untuk membeli produk Anda. Anda juga dapat mempromosikan kerajinan, gambar, karya seni dan barang-barang lain yang Anda buat dan memungkinkan pengunjung untuk membeli nya  di situs Web Anda dengan mengintegrasikan solusi pembayaran PayPal misalnya

1 komentar: