Rabu, 25 November 2009

Apa dan bagaimana flu babi ?

Di sekitar bulan September-Oktober 2009 dunia dan juga Indonesia dihebohkan oleh adanya 'wabah" flu babi ( swine flu ). apa sebenarnya flu babi itu?

Flu babi merupakan penyakit saluran pernapasan akut pada manusia yg disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 yg sangat mudah menular. Awalnya, penyakit ini ditemukan pada hewan babi dan biasanya menginfeksi seseorang yang kontak langsung dg babi. Jarang terjadi transmisi antar individu. Akan tetapi, wabah flu babi di berbagai negara selama ini sebagian besar disebabkan karena kontak langsung antar manusia, tanpa kontak langsung dengan babi. Apa gejala-gejala yg perlu diwaspadai? Gejalannya antara lain : deman lebih dari 38 derajat celcius, badan terasa letih dan lesu, pilek, batuk dan sakit tenggorokan, kurang nafsu makan , mual dan muntah, diare pneumonia dan gagal napas.
Bagaimana cara penularan flu babi ?
Penularan flu babi dapat terjadi akibat kontak antara babi penderita flu babi dengan manusia atau manusia penderita flu babi ke manusia lain. Penularan dari manusia ke manusia dpt terjadi melalui kontak udara ( bersin, batuk, berbicara ) atau melalui kontak langsung ( berjabat tangan, menyentuh anggota tubuh penderita, berbagi makanan/minuman, peralatan makan ).
Bagaimana pencegahan flu babi ?
Penyakit ini dapat kita cegah dg melakukan perilaku hidup sehari-hari sbb:
1. Cuci tangan secara seksama dan teratur dengan sabun
2. Cukup istirahat ( istirahat yg paling baik adalah tidur )
3. Hindari kontak langsung dengan penderita
4. Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ( orang yg sehat dan daya tahan tubuhnya kuat dapat berkurang resiko terinfeksi virus ini )
5. Olahraga yang cukup dan teratur.
sumber:
-//en.wikipedia.org/wiki/swine_influenza
-//www.who.int/csr/swine_flu_fac.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar