Rabu, 02 Desember 2009

MENULIS, sulitkah ?

Apakah menulis itu sulit ? Jawabnya menjadi sangat relatif,

tergantung siapa yang ditanya. Jika yang ditanya adalah seorang kolumnis, atau seorang jurnalis tentu menjawab kalau menulis itu gampang/bahkan sangat gampang. Tapi jika yang ditanya adalah orang awam so pasti mengatakan menulis itu amat sulit, susah dan lain sebagainya. Apalagi kalau tulisan itu untuk konsumsi publik semisal di koran, majalah ataupun tabloid. Bagi saya pribadi, menulis itu gampang-gampang susah. Ketika sebuah gagasan 'lewat' dipikiran, ketika itu pula saya pikir menulis itu gampang sekali ? Kemudian saat saya mengambil selembar kertas dan mulai menggerakkan pena 'menari-nari' di atas kertas paling baru dapat dua atau tiga atau empat kata ( bukan kalimat ) pena sudah berhenti. Gak tahu harus melakukan gerak tarian apalagi. Yah, terkadang lumayan bisa nulis judulnya saja, atau sebuah paragraf tanpa judul. Saya sempat berpikir, kenapa ya ada teman saya yang seusia saya-seprofesi bisa dengan mudahnya ( kelihatannya ) menelorkan ide dan melahirkan tulisan-tulisan yang layak tanyang di media cetak . Sebetulnya saya ingin tanya ke beliau, apa rahasianya? Tapi sampai saat ini belum punya keberanian untuk itu. Saya berpikir negatif,"wah jangan-jangan" nanti dia mengira saya kompetitor baru?".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar