Sabtu, 19 Februari 2011

Cara-Cara mendapatkan Modal untuk Berbisnis

Bisnis apapun yang kita terjuni ( baik bisnis offline maupun bisnis online ) MODAL  merupakan salah satu kata yang tidak boleh kita tinggalkan. Ya... dengan modal lah seseorang memulai membangun sebuah bisnisnya.
Bisnis tanpa modal ??? ..rasa-rasanya pikir punya pikir , kalau ada orang yang "mempromokan" seperti itu adalah sangat tidak masuk akalnya.
Hanya saja, kita sering bingung kalau mau memulai membangun sebuah bisnis karena ketiadaan / kekurangan modal terutama modal yang berupa uang.

Menurut Tung Desum Waringin, untuk mendapatkan modal dapat dilakukan dengan 3 cara;

cara pertama, adalah menabung. Dengan menabung, kita akan memiliki modal. Hanya saja cara ini butuh kesabaran dan waktu yang lama. Kecuali kita bisa menyisihkan sejumlah besar uang milik kita tiap bulannya untuk ditabung. Jika Anda ingin cepat berbisnis, cara ini kurang disarankan.

cara kedua, adalah meminjam uang . Dengan meminjam, kita dapat segera memulai bisnis. Cara ini membutuhkan keberanian dan perhitungan yang sangat matang, menyangkut seberapa besar keuntungan yang beberapa bagiannya bisa kita gunakan untuk mencicil / mengembalikan uang pinjaman Ini cara yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan pebisnis.

cara ketiga, adalah mencari patner bisnis. Kita bisa mencari seseorang / badan yang mau kita ajak kerjasama dengan memberikan modalnya pada kita untuk berbisnis. Cara ini butuh strategi dan kepercayaan orang lain pada kita. Kita harus bisa meyakinkan kepada pihak yang kita ajak menjadi patner sehingga mereka menjadi percaya pada kita dan mau menyediakan dananya untuk menjalankan bisnis kita.

2 komentar: