Sabtu, 19 Februari 2011

Cara Untuk bisa Belajar Lebih Cepat

Mungkin kita pernah mengeluhkan diri kita yang sangat lambat dalam menyerap pelajaran. Atau kalau kebetulan Anda seorang guru, mungkin juga mengeluhkan beberapa murid Anda yang lambat dalam menyerap pelajaran yang Anda berikan. Atau kalau Anda orangtua, mungkin juga mengeluhkan kelambanan Anak Anda dalam menyerap pelajaran.

Itulah beberapa kenyataan yang sering kita lihat bahkan mungkin juga sering kita alami. Dan ini nampaknya mengusik pikiran para ahli untuk melakukan penelitian. Hasilnya, mereka yakin bahwa kemampuan belajar seseorang merupakan kapasitas yang sudah "ditetapkan". Namun, akhirnya para ahli psikologi dan pendidikan menyatakan bahwa kecerdasan manusia bisa dikembangkan dengan ketrampilan yang semestinya.

Berdasarkan gagasan para ahli di Amerika, ada 6 cara yang dapat digunakan untuk memperbesar kemampuan belajar seseorang, yaitu :
  1. Melihat gambaran besarnya terlebih dahulu. Jika Anda membaca suatu materi baru dan belum Anda  kenali, lebih dulu lihat selayang pandang garis besarnya. Lihat semua sub judul, keterangan foto, ringkasan .Tinjauan selayang pandang membantu menanamkan dalam benak Anda  tentang apa yang akan Anda baca dan pelajari.
  2. Memperlambat kecepatan dan " berbicara " kepada diri sendiri.. Membaca lebih lambat diyakini jauh lebih efektif untuk menyerap materi yang rumit dan menantang.
  3. Berlatih dalam tehnik meningkatkan kemampuan mengingat. Banyak cara-cara yang diperkenalkan para ahli dalam meningkatkan kemampuan mengingat. Salah satu tehknik yang bisa Anda coba adalah membuat "jembatan keledai ", misalnya untuk mengingat tahap-tahap dalam mitosis anda gunakan kata P.MAT ( Profase-Metafase-Anafase-Telofase ), atau MeJiKuHiBiNiU untuk mengingat macam-macam warna cahaya . dan lainnya.
  4. Menyusun fakta dalam kategori. Mempelajari materi  dalam kategori yang tersusun  secara konsisten menjadikan Anda bisa mengingat kat=kata sebanyak 2 sampai 3 kali lipat, jka dibandingkan mempelajari dengan kata-kata acak. Menganalisis materi baru dan membaginya ke dalam potongan-potongan yang bermakna, membuat belajar menjadi lebih mudah ( Thomas R. Trabasso ).
  5. Memusatkan perhatian.Memusatkan / fokus pada apa yang Anda pelajari, memiliki andil besar dalam meningkatkan kemampuan belajar Anda. Langkah pertama untuk membangkitkan fokus / konsentrasi Anda adalah, tanyakan pada diri Anda : " untuk apa saya mempelajarin ini ? ".
  6. Menemukan Gaya Belajar diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar