Sabtu, 10 Desember 2011

Beberapa hal yang Perlu dilakukan Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil tentu akan sangat berbeda dengan wanita-wanita lain yang tidak sedang hamil. Perbedaan ini sangat menyolok, baik dari segi fisik dan maupun mental psikologis. Oleh karena itu sudah seharusnya wanita yang sedang hamil perlu lebih "ekstra" dalam menjalani kehidupannya pada masa-masa kehamilan ini. Tak terkecuali, para suami yang istri nya sedang berada pada masa kehamilan juga turun secara proaktif mengikuti perkembangan kehamilan sang istri. Termasuk juga sluruh anggota keluarga, terutama yang tinggal satu rumah.
Apa saja sih yang seharusnya perlu dilakukan oleh ibu hamil pada masa-masa kehamilannya ? 
Pertama, bersyukur kepada Tuhan
Sebab hanya atas kehendakNya lah kehamilan itu bisa terjadi. Betapa banyak pasangan yang menginginkan punya anak setelah sekian tahun menikah, namun tak juga kunjung datang. Meski sudah berbagai upaya dilakukan. Juga berapa banyak wanita yang tidak menginginkan kehamilan, justru malah mendapatkan kehamilan itu. Salah satu cara terbaik dalam mensyukuri nikmat kehamilan adalah dengan merawat, menjaga baik-baik kehamilan intu.
Kedua, Periksa kehamilan di Nakes.
Periksakan kehamilan secepatnya dan sesering mungkin ke tenaga kesehatan ( bidan, dokter, dokter kandungan ) sesuai anjuran petugas tenaga kesehatan. Ini berguna untuk Ibu, suami dan keluarga dalam mengetahui secepatnya jika ada masalah yang timbul pada kehamilan.
Ketiga, Timbang Berat Badan.
Pantaulah berat badan ibu hamil dengan cara melakukan penimbangan pada saat periksa kehamilan di nakes, ataupun ketika di rumah. Normalnya berat badan ibu hamil akan bertambah sesuai dengan pertambahan dan pertumbuhan usia kehamilan.
Keempat, Minum tablet tambah darah.
Meminum tablet tambah darah setiap hari selama kehamilan dapat mencegah ibu hamil kekrungan darah. Minum tablet tambah darah tiddak membahayakan janin dalam kadungan Anda.
Kelima, Imunisasi Tetanus Toksoid.
Mintalah kepada tenaga kesehatan ( bidan / dokter ) untuk melakukan Imuninasasi Tetanus Toksoid ( TT ) berguna untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi baru lahir. Biasanya dilakukan sebanyak dua kali selama kehamilan.
Keenam, makan makanan bergizi.
Mintalah nasehat dari nakes tentang makanan bergizi yang bisa dikonsumsi oleh ibu selama masa-masa kehamilan. Asupan makanan dengan gizi seimbang dan porsi lebih besar daripada sebelum kehamilan, membuat ibu hamil dan bayi menjadi sehat.
Ketujuh, ajak janin berbicara.
Fakta menunjukkan bahwa bayi yang masih berada dalam kandungan sudah mengenal "komunikasi". Oleh karena itu sangat disarankan, terutama sang ibu hamil mengajak bicara bayi sambil mengelus-elus perut setelah kandungan berumur 4 bulan.
Kedelapan, menjaga kebersihan.
Ibu hamil harus selalu menjaga kebersihan dirinya, baik badan, pakaian, makanan-minuman dan tempat tinggal.
kesembilan, Periksa ke nakes jika sakit.
Terkadang selama kehamilan tidak jarang ibu hamil menderita sakit , seperti batuk pilek, gatal-gatal dan penyakit lainnya. Langkah paling aman adalah kunjungi bidan atau dokter anda, konsultasikan masalah kesehatan anda. Ingat, jangan asal mengkonsumsi sembarang obat pada masa kehamilan ini, meskipun itu sekedar obat batuk.
Kesepuluh, lakukan aktifitas positip.
Kehamilan bukan halangan bagi ibu hamil untuk tetap melakukan aktifitas keseharian. Baik aktifitas di dalam rumah tangga maupun aktifitas di luar rumah. Apapun yang anda lakukan di masa kehamilan ini adalah baik selama itu aktifitas-aktifitas positip. Seperti : membaca,  tetap memasak, berkunjung ke rumah saudara, perkumpulan sosial, ataupun bekereja di luar rumah semisal kantor, pasar dan lingkungan kerja lainnya. 


Inilah sepuluh hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil selama masa-masa kehamilan, dan juga harus didukung oleh suami serta anggota keluarga lainnya. Terutama yang tingga satu rumah dengan ibu hamil. Tidak menutup kemungkinan jika ada hal lain yang juga perlu dilakukan yang belum saya tuliskan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar