Kamis, 18 Maret 2010

Apakah Flow itu ?


Flow adalah keadaan sadar yg di dalamnya seseorang bisa betul-betul terbenam dalam sebuah aktifitas secara total melibatkan seluruh panca indera sehingga dia tidak merasakan waktu berlalu.

Untuk dapat merasakan flow, seseorang harus mencurahkan energi mental dan emotional tambahan. Kehidupan yg dipenuhi dengan pengalaman flow yg menarik akan jauh lebih berharga daripada kehidupan yang dihabiskan untuk menikmati kesenangan secara pasif.
Tujuan jangka panjang bagi siswa yg mengerti dan mengalami flow adalah ,mereka berkesempatan besar memenuhi semangat yg bisa mengarahkan mereka untuk mengusahakan tercapainya tujuan dan cita-cita.

Siswa yg mengalami flow akan sanggup belajar sepanjang masa dan lebih punya kemauan untuk mengambil kesempatan, teguh menghadapi tantangan, sanggup mengatasi ketakutan, memanej kekhawatiran, dan mengatasi kesulitan hidup.
Dengan memanfaatkan kekuatan flow yg mereka miliki, siswa akan mampu menikmati kehidupan pribadi penuh dg kecerdasan.
Flow bisa lebih mudah terealisasi manakala siswa mengalami kesenangan serius. Pembelajaran aktif yg menekankan pada kesenangan serius dapat membantu siswa memusatkan perhatian, meningkatkan kesenangan belajar dan mampu mengatur suasana agar pengalaman flow tetap terjadi dan terjaga.
( sumber : Active Learning )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar