Senin, 29 Maret 2010

Penyakit De Quervain

Pergelangan tangan anda, khususnya di bagian atas pangkal ibu jari terasa sakit ?
Bisa jadi anda menderita penyakit de quervain .

Apa tanda dan gejala penyakit de quervain ?
Pada stadium awal, timbul rasa sakit di daerah pergelangan tangan, yaitu di sekitar pangkal dan di atas pangkal ibu jari terutama saat melakukan gerakan tangan yg melibatkan ibu jari ( spt saat memegang, meremas sesuatu ). Terus ...
Di bagian pergelangan tangan yg terasa sakit, dpt terjadi pembengkakan atau benjolan yg teraba keras spt tulang. Pada keadaan lanjut, rasa sakit menyebar ke bawah, ke arah ibu jari dan ke arah atas menuju lengan bawah.
Tanda khas dari penyakit ini adalah 'rasa sakit akan bertambah kuat ketika pergelangan tangan digerakkan menjauhi ibu jari ( ke arah jari kelingking ), sementara ibu jari digenggam oleh keempat jari lainnya ( tanda finklestein ).


Apa penyebab penyakit de quervain ?
Penyebab pasti belum diketahui, namun penyakit ini sering dialami oleh :
1. Wanita usia 30-50 th.
2. Wanita hamil atau setelah melahirkan
3. Penderita penyakit rematik dan kencing manis ( diabetes ).
4. Orang yg banyak bekerja menggunakan ibu jari , spt : mencuci pakaian, menggunakan palu, menyulam, dan mengangkat sesuatu yg berat.
 

Apakah penyakit ini bisa diobati ?
Tentu bisa, InsyaALLOH.
Untuk stadium awal, diobati dg obat anti radang ( ada yg diminum atau di suntikkan. Namun ini bersifat sementara ( lk. 3 bulan ).
Bila penyakit sdh berlangsung lama, pengobatannya adalah operasi. Operasi dilakukan untuk membuka terowongan selaput yg membungkus tendo dan memberikan ruang yg lebih luas bagi tendo tsb shngga tendo dpt bergerak bebas tanpa timbul rasa sakit. Operasi ini termasuk op ringan ( irisan 1 cm ), dg pembiusan lokal, dg waktu sekitar 10 menit, penderita tdk perlu menginap di rumah sakit. 

Operasi ini menjamin penyembuhan tuntas tanpa kemungkinan kambuh kembali.
 

Sumber : www.pantirapih.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar