Selasa, 03 Agustus 2010

Cara Mengatasi Anemia

Anemia yang lebih kita kenal sebagai "penyakit kurang darah" terjadi karena kadar haemoglobin / eritrosit atau sel darah merah lebih rendah daripada keadaan normal. Kejadian ini terutama disebabkan karena si penderita kekurangan asupan zat besi ( Fe ) dan asam folat dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Meskipun bisa juga disebabkan oleh adanya infeksi cacing tambang ( Necator sp ).
Berdasarkan penyebab yang paling mungkin/sering , maka dapat dikatakan kalau "penyakit kurang darah" ini dapat di atasi dengan pola makan yang baik . Dalam arti makanan yang dikonsumsi harus diperhitungkan adanya kandungan zat gizi yang seimbang.

Beberapa bahan makanan yang layak untuk dipertimbangkan dalam menyusun menu makanan, agar kita terhindar dari "penyakit kurang darah" atau anemia, antara lain :
  1. Mengkonsumsi buah Jeruk. Buah yang satu ini berfungsi memperbaiki pencernaan, merangsang nafsu makan, menghilangkan kembung, menghancurkan cacing dalam saluran pencernaan, menyembuhkan sakit perut dan susah buang air besar/sembelit. Pilihlah jeruk yang keras, padat , berat, matang dan memiliki jalinan serat kulit yang baik. Untuk mengobati  anemia, campurkan obat anemia dengan jus jeruk.
  2. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang tinggi. Seperti : daging sapi, daging ayam, ikan, buah kering, kentang manis, kacang polong dan kacang hijau merupakan contoh-contoh bahan makanan yang kaya akan zat besi ( Fe )
  3. Mengkonsumsi sayuran. Sayur-sayuran seperti bayam, kangkung dan sejenisnya yang berwarna hijau tua, juga punya sumbangan besar dalam mengatasi "penyakit kurang darah"
Akhirnya........... semua terpulang pada kita untuk bisa mengatur dan mengendalikan pola makan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar