Sabtu, 04 September 2010

Cara Sehat di Hari Raya

Adalah kebahagian tersendiri khususnya bagi umat Islam. Beberapa hari lagi seluruh umat muslim di dunia akan merayakan hari raya , yaitu hari raya Idul Fitri ( yang bagi orang Indonesia lebih ngetren dengan sebutan Lebaran ). 
Ya... di hari itu, hampir semua orang merasakan kebahagian yang bergitu luar biasa.
Akan tetapi, nggak sedikit juga pada hari Lebaran malah menderita sakit. ya... sakit sehingga berlebaran menjadi kurang menyenangkan bagi mereka pada hari itu.

Oleh karena itu, bagi anda yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri perlu mempersiapkan diri  secara fisik dan mental dalam menyambut kehadirannya.
Meskipun sehat dan sakit merupakan bagian dari sebuah perjalanan takdir Tuhan, nggak ada salahnya jika sebagai mahkluk Tuhan kita berupaya agar tetap sehat. Sebagaimana diajarkan dalam Islam bahwa, " manusia sebatas melakukan usaha, dan tentang hasilnya Tuhan juga yang menentukan ".
Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan agar tetap sehat.
  1. Jangan memaksakan diri :  Memaksakan diri disini punya pengertian yang sangat luas. Baik memaksakan fisik untuk melakukan ibadah di bulan Suci Ramadhan sampai keluar batas kemampuan fisik kita. Misalnya : tadarus Al Qur'an dari sehabis tarawih sampai saat makan sahur, dengan tidur yang sedikit. atau lainnya. Bisa juga memaksakan secara psikis, dalam arti kita berpikir atau merencanakan sesuatu diluar batas kemampuan kita. Misalnya : sebagai orangtua kita tentu ingin anak-anak memakai pakaian serba baru di hari Lebaran . Akan tetapi jika secara ekonomi keuangan kita terbatas maka jangan paksakan diri untuk mengadakannya ( membeli pakain baru ). Dan masih banyak yang lain. Intinya jangan melakukan-memikirkan-merencanakan sesuatu yang "di luar batas kemampuan Anda saat ini ".
  2. Jaga makan. . Orang yang berpuasa mengalami perubahan pola/waktu  makan yang berbeda dengan pola/waktu waktu di 11 bulan sebelumnya ( kecuali bagi Anda yang selalu berpuasa sunnah Daud atau Senin-Kamis ). Dan pada hari Raya Idul Fitri, secara tiba-tiba terjadi perubahan pola makan. Kuncinya, pada saat Lebaran hindari makanan yang berlebihan. Jangan makan semua jenis makanan yang disediakan.
  3. Cukup Istirahat. karena salah satu penyebab lemahnya fisik seseorang adalah kurangnya istirahat. Sehingga mulai sekarang Anda harus mengatur diri agar anda cukup beristirahat. Dan salah satu istirahat yang paling bagus adalah tidur ( anda harus cukup tidur ).
Selamat mencoba
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H 
( Jumat, 10 September 2010 )
 "Minal Aidin wal Faizin"
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar