Rabu, 06 Oktober 2010

Cara-cara Membantu Diri Anda mengatur Waktu agar Sukses

Waktu, bagi manusia ibarat air bah/ banjir bandang yang mengalir begitu deras dan saya juga Anda tidak mampu untuk menghentikannya, apalagi mengembalikannya ke puncak bukit.

Ya, bahkan Tuhan sendiri berfirman dalam salah satu Kitab Sucinya dengan menggunakan kata waktu untuk bersumpah ( silahkan lihat Al Qur'an Surah Al Ashr ).
Dan oleh Tuhan juga, semua manusia diberikan porsi waktu yang sama dalam setiap harinya, yaitu masing-masing dapat jatah 24 jam setiap hari . Namun kenyataan nya berbeda-beda .
Ada orang yang dalam tempo waktu tersebut mampu mengendalikan sebuah negara yang besar, ada orang yang dalam tempo waktu tersebut menghasilkan profit yang besar, ada yang mampu dan mampu lainnya dalam artian positip. Namun banyak juga di antara manusia yang dalam tempo waktu tersebut tidak bisa berbuat apa-apa, tidak menghasilkan apa-apa kecuali "menghasilkan sesuatu " yang justru merusak / merugikan dirinya sendiri.
Jika kita pelajari, kesemuanya itu tidak lepas dari bagaimana seseorang menggunakan waktunya secara efektif dan efisien.
Menurut Edwin C, Bliss, paling tidak ada 10 tehknik / cara yang dapat kita pakai untuk menolong diri kita agar dapat menggunakan waktu secara efektif. Cara-cara tersebut adalah :
  1. Buatlah rencana
  2. Pusatkan perhatian
  3. Ambillah istirahat
  4. Hindarkan kekacauan
  5. Jangan menjadi perfeksionis
  6. Jangan takut mengatakan tidak
  7. jangan menunda-nunda
  8. Lakukan pembedahan Radikal
  9. Delegasikan pekerjaan
  10. Jangan kecanduan kerja
di atas semua itu, pengaturan waktu yang baik sangat melibatkan kesadaran bahwa hanya hari ini sajalah kita memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan.
Agama Islam mengingatkan " Barang siapa yang hari ini lebih baik dari pada hari kemarin akan beruntung, yang hari ini sama saja dengan hari kemarin akan merugi dan yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin akan celaka."
Semuanya terpulang pada kita, mau kita apakan diri kita dengan waktu yang diberikan cuma-cuma ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar