Minggu, 27 Maret 2011

Cara Mempertahankan Kelangsungan Hidup sebuah Blog

"membangun sebuah rumah tangga jauh lebih mudah daripada mempertahankan dan menghidupkan rumah tangga "

Begitu kira-kira analogi yang bisa saya gunakan untuk memulai pembahasan judul postingan yang saya buat kali ini.
Mengapa demikian ? ........ ya setelah sekian lama ( hampir 1 tahun , mungkin ) saya membangun blog ini. Baru kali ini saya bisa membuat posting an  lagi. Sehingga kalau boleh saya katakan :
" membuat sebuah ( bahkan lebih ) BLOG, jauh lebih gampang daripada mengisi, menghidupkan sampai bahkan  mempertahankan kelangsungan hidup sebuah blog "


Kenapa bisa sampai terjadi "kevaccuman blog" selama kurun waktu yang begitu panjang dan lama ?
Banyak hal yang menjadi penyebab permasalahan tersebut.
Salah satu penyebabnya ( menurut pendapat pribadi saya ) adalah karena saking mudahnya seseorang membuat blog, tinggal klik ini klik itu...jadi deh blognya. Apalagi banyak website yang menyediakan fasilitas untuk membuat suatu blog secara gratis alias cumacuma alias gak pakai bayar.
Saking gratis dan mudahnya membuat blog... sampai-sampai dalam jangka kurun waktu kurang dari sebulan dua bulan saya sudah mempunyai tidak kurang 10 bahkan lebih blog gratisan ( termasuk blog yang saat ini sedang anda kunjungi, terimakasih untuk kunjungan Anda ini lhooo ).
Gara-gara kebanyakan blog itulah, yang menjadikan blog-blog saya terlantar dan tak terawat dengan baik. Ibarat pepatah- nafsu besar tenaga kurang- atau - nafsu kuda tenaga ayam-. Nafsu ingin punya banyak blog, tetapi kemampuan membuat postingan di blog sangat minimal.


Setelah saya pikir-pikir, ada beberap hal yang perlu kita lakukan agar blog kita semakin berkembang dan tetap terjaga "kelangsungan hidupnya"
Beberapa hal tersebut, antara lain :
Pertama, fokuslah pada sebuah blog dulu. Tahan keinginan untuk memiliki lebih dari satu blog.Dengan satu blog saja yang kita miliki, maka kita mempunyai kesempatan yang luas untuk terus memposting di blog tersebut.

kedua, pilih tema blog yang sesuai dengan latar belakang pengetahuan dan hobby kita. Pengetahuan yang luas terhadap suatu masalah diyakini akan lebih memudahkan kita membuat posting.

ketiga, sering-seringlah dan perbanyaknya mengunjungi blog/web lain untuk mencari dan mendapatkan inspirasi. Dengan melihat berbagai macam jenis web atau blog orang lain akan memperkaya pengetahuan, wawasan kita.

keempat, berguru atau belajar tentang seluk beluk blog / web kepada orang yang ahli dalam bidang tersebut.

Itulah empat langkah yang bisa kita pakai agar web / blog milik kita tetap hidup, tumbuh dan berkembang selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar