Jumat, 25 Maret 2011

Gejala-gejala dan Pengobatan Penyakit Kusta

Penyakit kusta yang juga kita kenal sebagai penyakit leprae merupakan penyakit menular menahun yang disebabkan oleh bacteri kusta dari jenis Mycobacterium leprae yang menyerang jaringan kulit, syaraf tepi dan jaringan tubuh lainnya, serta dapat disembuhkan tanpa cacat bila berobat dini dan teratur.Adapun penularan penyakit kusta selama ini hanya diketahui melalui kontak langsung dengan penderita penyakit kusta terutama yang sudah menahun.

Penyakit kusta bukan disebabkan oleh kutukan, guna-guna, dosa, makanan maupun keturunan yang selama ini telah menjadi salah kaprah dalam masyarakat Indonesia. 
Oleh karena itu diharapkan peran pemerintah, guru / tokoh masyarakat bahkan pemuda bisa memberikan penyuluhan kepada peserta didik / masyarakat awam bahwa penyakit kusta disebabkan oleh bacteri, sama dengan beberapa penyakit kulit yang lain. Dan bukan penyakit turunan, bukan kutukan Tuhan, bukan juga akibat guna-guna atau santhet. 
Juga per;u dijelaskan bahwa kusta bisa disembuhkan tanpa menimbulkan cacat jika diobati secara dini dan teratur. Penderita kusta bisa hidup seperti orang normal lainnya tidak perlu diistirahatkan apalagi dikucilkan.

Gejala-gejala penyakit kusta :
Pada awalnya penderita tidak merasa terganggu, hanya terdapat adanya kelainan kulit berupa bercak putih seperti panu ataupun bercak kemerahan.
Kelainan kulit ini berupa : kurang rasa / hilang rasa / mati rasa, tidak gatal dan tidak sakit.

Pengobatan penyakit kusta :
Pengobatan penyakit kusta secara dini dan teratur diyakini dapat menyembuhkan . Pengobatan paling umum adalah dengan menggunakan obat kombinasi atau MDT ( Multy Drug Therapy ).
Lama Pengobatan .
  • Kusta kering ( PB ) adalah 6 bulan menggunakan obat Rifampicin dan DDS
  • Kusta basah ( MB ) adalah 12  bulan menggunakan obat : Rifampicin, Lamprene dan DDS
Obat bisa didapatkan secara cuma-cuma di pusat-pusat kesehatan seperti puskesmas setempat.
Komitmen kita semua elemen bangsa untuk mendukung eliminasi kusta akan memperbaiki masa depan generasi bangsa Indonesia.

sumber :
-Program P2 Kusta Sub Din P2P Dinas Kesehatan propinsi Jawa Tengah.

5 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey ..terimaksih atas kunjungan and commentnya. Selamat belajar, sukses buat Anda

      Hapus
  2. kalo kaya panu gitu dan agakl lebar itu berarti kusta?? :(
    terus gue gimana dong?? minum obat apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...saya tdk bisa memastikannya, sebaiknya langsung aja ke dokter specialis kulit. Karena untuk memastikannya perlu ada uji laborat untuk mendeteksi adanya bakteri penyebab kusta mas. Maaf bila jawaban ini kurang memuaskan.

      Hapus
  3. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    BalasHapus