Selasa, 29 Maret 2011

Cara Menyenangkan Menjaga Tekanan Darah agar tidak Tinggi

Jangan anggap remeh saat tekanan darah Anda menjadi tinggi. Mengapa demikian ? ...karena tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menimbulkan komplikasi berbagai penyakit dalam tubuh, terutama pada bagian jantung, stroke juga disfungsi ereksi pada pria.
Dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, ada beberapa cara yang menyenangkan yang bisa kita ikuti untuk menjaga agar tekanan darah kita tidak tinggi ( tetap berada dalam batasan normal ).
Berikut ini adalah beberapa cara menyenangkan yang bisa kita lakukan secara mandiri :

pertama, mengukur sendiri tekanan darah kita di rumah secara berkala. Lho... saya kan bukan perawat / dokter / para medis ? ... jangan khawatir, saat ini banyak dijual alat ukur tekanan darah ( tensimeter ) digital yang sangat mudah kita gunakan. Orang awampun bisa melakukannya sendiri.Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempermudah kita dalam memprediksi resiko kardiovasculer diri sendiri.

kedua, Tertawa ( tapi jangan di sembarang tempat, nanti dikira kita sudah gila ). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tertawa membuat pembuluh darah bisa melebar sebesar 22 %. Tindakan fisik ( menggerakkan mulut, perut dan anggota tubuh yang lain ) membuat pembuluh darah meluas yang akibatnya aliran darah meningkat serta mengurangi tekanan darah. Tertawa yang dianjurkan di sini adalah tertawa selama 15 menit setiap hari dengan cara memaca cerita humor atau film komedi atau mendengarkan cerita-cerita lucu.

ketiga, mengkonsumsi cokelat hitam.Hasil penelitian di Italia ( 2008 ) menemukan bukti bahwa orang yang mengkonsumsi cokelat hitam selama 15 hari , tekanan darah sistolik ( angka atas ) sebesar 4,5 poin dan tekanan darah diastolik ( angka bawah ) turun sebesar 4,2 poin. Cokelat yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah yang mengandung 65%kakao yang mengandung antioksidan.

keempat, mendengarkan musik. Alunan musik melebarkan arteri. Mendengarkan musik dg irama homogen  selama 30 menit setiap hari dengan kombinasi latihan pernapasan dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Musik juga dapat menghilangkan cemas dan menghindari penyempitan pembuluh darah.

kelima, melakukan hubungan seks ( khusus bagi anda yang sudah bersuami / beristri , tidak dianjurkan untuk yang masih bujang, janda atau duda ). Frekuensi hubungan seksual dua kali seminggu meminimalkan serangan jantung terutama pada laki-laki, jika dibandingkan dengan frekuensi sekali satu bulan.

keenam, selalu mengingat Tuhan ( sangat disarankan bagi kita yang percaya akan adanya Tuhan ).Dalam AlQuran disebutkan bahwa hanya dengan mengingat Allah maka hati menjadi tenang. 
Tenangnya hati seseorang akan menjaga irama jantung dalam memompa darah yang berarti juga akan menjaga kestabilan aliran darah dalam pembuluh darah.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tekanan darah kita tetap normal, tidak hipertensi dan tidak juga hipotensi.

Sumber :
- dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar