Sabtu, 02 April 2011

Agar Tetap Sehat walau Sibuk Berat

Sibuk luar biasa, atau biasa sibuk dalam kegiatan sehari-hari terkadang menjadikan kita "melupakan" keadaan diri kita termasuk masalah kesehatan diri. Inti kesehatan diri adalah bagaimana kita bisa menjaga pola hidup sehat sehari-hari.
Saking sibuknya bekerja atau beraktivitas terkadang kita sering lupa atau mengabaikan pola hidup sehat, sehingga berakibat pada menurunnya tingkat kesehatan kita
Bagaimana cara / gaya hidup yang bisa menjadikan agar diri kita tetap sehat disela-sela kesibukan kita ?

  1. Biasakan cepat tidur dan cepat bangun. Tuhan menciptakan siang dan malam salah satu tujuannya adalah agar manusia menggunakan waktu siangnya untuk bekerja keras dan malam hari untuk istirahat dengan puas. Beberapa kajian ilmiah menemukan bahwa tidur adalah salah satu bentuk istirahat yang paling bagus. Sehingga sangat disarankan, kita sibuk berat / bekerja keras di siang hari. Baru malamnya istirahat. Dengan cepat tidur kita mempunyai waktu yang cukup untuk istirahat ( orang dewasa paling tidak butuh waktu 6 jam untuk tidur ), sehingga di pagi hari kita cukup fit untuk memulai kesibukan kembali.
  2. Mandi pagi sebelum matahari terbit. Dengan cepat tidur kita akan bisa lebih mudah bangun lebih awal ( apalagi jika kita seorang muslim, wajib hukumnya bangun pagi untuk sholat subuh. Nah sebelum sholat subuh, biasakan untuk mandi pagi dengan air dingin. Penelitian menunjukkan bahwa mandi pagi sebelum matahari terbit dapat membantu "pembakaran" lemak dalam tubuh. Lemak merupakan salah satu zat dalam tubuh yang jika berlebih dapat menjadi potensi timbulnya berbagai macam penyakit.
  3. Minum air putih. Selama jam kerja kita dianjurkan minum air putih paling sedikit 4 gelas air putih ( 1 liter ), belum termasuk cairan lain seperti jus, kopi, atau teh. Pada malam harinya ditambah dengan 2 gelas air putih.Kemudian pagi hari setelah bangun minum 1-2 gelas air putih.
  4. Sarapan pagi. Memulai hari dengan sarapan pagi menjadikan seseorang mempunyai kualitas konsentrasi yang lebih baik dan memiliki energi yang cukup.Dengan sarapan pagi, peluang kita untuk "jajan" yang tidak sehat bisa kita hindari.
  5. Bergerak aktif. Beberapa penelitian menyimpulkan : seseorang yang rajin beraktifitas sulit tergoda menyantap makanan kurang sehat, lebih mudah menurunkan berat badan. Termasuk di sela-sela kesibukan, sempatkan untuk berdiri sejenak jika anda seorang pekerja yang lebih banyak menuntut untuk duduk di kursi dalam jangka waktu lama
  6. Camilan yang sehat. Bagi anda yang terbiasa / tidak bisa  bekerja tanpa ngemil, carilah camilan yang sehat seperti buah, yoghurt, lalapan dan lain-lain. Camilan yang tidak sehat, semisal yang berlemak, kalori tinggi dapat memacu penimbunan lemak dalam tubuh yang berakibat naiknya berat badan dan kolesterol jahat dalam darah.
sumber :
- harian kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar