Jumat, 27 Mei 2011

Cara Mudah Mengatur KOLESTEROL dalam Darah

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang terkandung dalam plasma darah seseorang. Ia beredar ke seluruh tubuh mengikuti aliran darah baik melalui vena maupun arteri.
Tingginya kadar kolesterol dalam darah seseorang selain dapat memicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah juga dapat menyebabkan kelainan pada saluran empedu.
Pengendapan kolesterol dan menjadi mengeras akan membentuk adanya batu empedu, dan biasanya diikuti oleh adanya peradangan serta munculnya rasa nyeri pada bagian tersebut ( saluran empedu ).
Lalu , bagaimana cara kita mengontrol kadar kolesterol dalam darah kita ?

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Harvard Medical School menemukan bahwa : lemak dari jenis monosaturated dan polyunsaturated mampu membantu tubuh manusia untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, mencegah timbulnya batu empedu, dan mempercepat penyembuhan pada operasi kandung empedu. Mereka melakukan penelitian selama kurun waktu 20 tahun. Dari 81.000 wanita yang dipantau selama 20 tahun, ditemukan bahwa 7.800 wanita yang menjalani operasi kandung empedu / pengangkatan empedu yang disebabkan oleh adanya batu empedu ( timbulnya batu empedu dapat dipicu oleh adanya kadar kolesterol darah yang tinggi ).
Pada pemantauan kelompok wanita yang mengkonsumsi 500 gram atau lebih kacang, selai kacang, atau kacang-kacangan sehat setiap minggunya. Ditemukan memiliki resiko menjalani operasi empedu 25 % lebih rendah dibandingkan wanita yang jarang atau bahkan tidak pernag mengkonsumsi kacang-kacangan atau bahan makanan dari kacang.
Nah berdasarkan hasil penelitian tersebut , salah satu cara mudah dan juga murah untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah kita adalah
dengan mengkonsumsi kacang-kacangan sebab kacang mengandung jenis lemak monosaturated dan polyunsaturated .
Berapa porsi yang harus kita santap seharinya ?
Masih berdasarkan penelitian di atas, rata-rata konsumsi adalah kurang lebih 72 gram / hari. Tentunya hal ini harus diimbangi juga dengan pola makan sehat lainnya seperti : konsumsi sayuran, serat, karbohidrat kompleks, magnesium, minum air putih, cukup gizi, serta menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol ( seperti : makanan berlemak terutama yang berupa lemak hewani, dan juga gorengan ).
Dan yang tak kalah pentingnya adalah olahraga secara teratur.

sumber : harian Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar