Kamis, 15 September 2011

Cara membuat Pengunjung “ Ketagihan “ dengan Website / blog Kita

Membuat blog memang mudah. Mendatangkan pengunjung ke blog juga mudah. 
Tapi tahukah Anda, bahwa tidaklah cukup hanya dengan membuat orang mengunjungi situs / blog kita .Hal yang paling penting sebenarnya adalah : bagaimana cara membuat para pengunjung " kerasan ", " betah ", mau melakukan " sesuatu " dan selalu ingin kembali mengunjungi blog kita alias " ketagihan " dengan blog kita pada saat mereka log on ke internet kapanpun dan di manapun.
Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu kita pertimbangkan ketika merancang blog yang bisa benar-benar membuat para pengunjung " ketagihan " dengan blog kita...dan mengajak pengunjung lain datang ke blog kita.
pertama, halaman pembuka harus berisi penjelasan mengenai situs / blog kita. Hal ini disebabkan karena tidak ada ( kalau ada mungkin sedikit ) pengunjung yang ingin buang waktu berlama-lama di laman tanpa ada kejelasan . Apalagi hanya sekedar klak klik link yang ada di blog kita.
kedua, situs kita harus mudah dinavigasi. Sebuah menus situs di bagian atas, bawah atau samping halaman, masing-masing sangat membantu terutama bagi pengunjung pertamakali, terutama jika situs kita memiliki banyak halaman.
ketiga, konten situs / blog kita adalah hati, sehingga pastikan bahwa kontens memiliki substansi. Intinya , konten adalah kita berbicara kepada pengunjung, sehingga kita harus peduli , harus tahu tentang mereka ( Keinginan, harapan, kebutuhan ) serta memberi kesan pertama yang baik
keempat, Jika memasang link maka link harus kita pasang dengan jelas. Jika link mengarah ke buku tamu nama link tersebut langsung dan langsung ke sasaran. ( jangan sekali-kali menipu pengunjung, dg link yang anda pasang ).
kelima, gunakan teks gelap pada latar belakang cahaya yang terbaik untuk membaca. Teks warna hitam pada latar belakang putih adalah yang paling mudah di baca.
keenam, skema warna harus sesuai mood dari isi situs kita dan sesuai dengan audiens target kita. Apapun warna yang kita gunakan, pastikan bahwa mereka tidak terlalu mencolok mata pembaca / pengunjung.
ketujuh, untuk tujuan keseragaman, tata letak halaman harus sama antara satu sama lain. Kecuali jika itu benar-benar diperlukan untuk memecah pola.

 bersambung ..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar