Jumat, 21 Oktober 2011

Beberapa Perilaku Buruk yang sebaiknya Kita Hindari

Dalam pelajaran agama yang pernah saya terima dikatakan bahwa , setiap manusia akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang dia kerjakan dan apa yang dia upayakan. 
Dikatakan pula bahwa jika kita berbuat suatu kebaikan maka kebaikan itu akan kembali kepada kita, dan sebaliknya jika kita berbuat suatu keburukan maka keburukan itu juga akan kembali kepada kita.( arah kembaliannya bisa ke diri kita / keluarga kita bahkan masyarakat di sekitar kita. Baik dalam kurun waktu yang cepat ataupun lambat ). Pengetahuan mengenai beberapa perilaku buruk yang sebaiknya kita hindari yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber, antara lain:pertama, kurang atau bahkan tidak berserah diri ( tidak pasrah ) kepada Tuhan Yang Maha Berkuasa. Dan malahan kita menjauhkan diri  dari Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.. Perilaku ini akan berakibat pada diri kita menjadi jauh dari ketaqwaan / kepatuhan dan juga jauh dari ketenangan batin. Secara teologis, kalau perilaku ini kita "abadikan" akan menjadikan Tuhan semakin menjauh dari kita.
kedua, menjadi pemarah, selalu merasa tidak puas, murung dan putus asa. Secara psikologis perilaku-perilaku demikian ini akan membawa kita kepada suasana hati yang tidak ceria dan cenderung akan menyiakan waktu-waktu luang kita yang pada akhirnya bisa berakibat pada hilangnya rasa percaya diri ( PeDe ).
ketiga, menarik diri dari pergaulan yang baik. Termasuk di dalamnya adalah perilaku memutuskan hubungan silaturahhim, memutuskan hubungan keluarga. Perilaku macam ini justru akan menjadikan  diri kita merasa kesepian di tengah keramaian yang ujung-ujungnya batin kita akan merasa tidak tenang, hati selalu gelisah.
keempat, kurang bergerak / melakukan aktifitas fisik sehingga berdampak negatif pada menurunnya kesegaran dan kebugaran tubuh jiwa dan raga.
kelima, makan tidak teratur, kurang bergizi dan kurang minum air putih yang bisa berakibat pada kesehatan pencernaan dan organ-organ tubuh lainnya.
keenam, tetap merokok dan meminum minuman keras ( beralkohol ) yang bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung, paru-paru dan berbagai penyakit kanker.
ketujuh,minum obat-obatan penenang dan penghilang rasa sakit melebihi dosis aturan. Perilaku semacam ini akan bisa menyebabkan keracunan obat dan efek samping negatif lainnya bagi tubuh kita.
kedelapan, melakukan kegiatan yang melebihi kemampuan baik dalam hal kemampuan fikiran maupun fisik serta finansial. Perilaku semacam ini jika kita lakukan terus maka bisa berakita pada kondisi kejiwaan berupa stress dan kecemasan.
kesembilan, mengumbar perilaku seksual yang bisa berakibat pada hilangnya gairah seks dalam hubungan suami istri serta berdampak buruk pada keharmonisan rumah tangga. Juga tidak menutup kemungkinan terjangkit penyakit menular seksual semisal Aids, raja singa dll.
kesepuluh, tidak memeriksakan kesehatan dan gigi secara teratur. Termasuk di dalamnya tidak menjaga kebersihan tubuh ( dengan mandi 2 kali sehari ) serta menggosok gigi secara teratur ( dua kali sehari setelah makan pagi dan malam hari sebelum tidur ).

Demikianlah beberapa perilaku buruk yang sebaiknya / seharusnya kita hindari sepanjang kita menjalani kehidupan di dunia fana ini. Apa yang saya tuliskan mungkin baru sekian % dari perilaku-perilaku buruk lainnya yang belum terekam dalam pikiran saya. Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar