Jumat, 18 November 2011

10 Cara Agar Otak Sehat

Siapa sangka, ternyata otak manusia juga bisa menjadi tidak sehat, sebagaimana halnya dengan fisik jasmani kita . Otak yang sehat, bukan hanya berguna bagi diri kita sendiri, akan tetapi juga bisa memberi manfaat kepada orang-orang yang ada di sekeliling kita. Oleh karena itu beberapa ahli yang mendalami tentang kesehatan otak manusia memberikan beberapa cara yang sangat di sarankan oleh mereka agar otak manusia menjadi tetap sehat :

1. Terlibat dalam Latihan Mental.
Otak adalah organ yang membutuhkan latihan. Ini adalah komputer biologis dan, seperti komputer, kebutuhan untuk memproses informasi baru secara teratur. Anda dapat melatih otak anda setiap hari dengan kegiatan sederhana seperti membaca bahan-bahan baru, memecahkan teka-teki silang atau Sudoku, bermain game seperti catur atau merangsang Scrabble, menghadiri kuliah atau mengambil kursus pendidikan.

2.Lakukan Latihan Fisik.
Seiring dengan otak Anda, seluruh tubuh Anda butuh latihan juga. Latihan meningkatkan fungsi otak. Ketika hati Anda kenaikan tarif, demikian juga aliran darah ke otak Anda. Olahraga juga meningkatkan mood Anda dan membantu mengurangi depresi. Ia bahkan membantu menghasilkan sel-sel otak baru. Dan tidak berolahraga terlalu banyak. Mulailah dengan berjalan 30 menit sehari. Ambil tangga, bukan lift. Jika Anda suka bermain golf, melewatkan kereta golf dan berjalan. Pergilah menari atau naik sepeda. Hanya melakukan latihan Anda ingin setidaknya tiga kali per minggu.

3. Hindari Merokok, Narkoba dan Alkohol Kelebihan Rekreasi.
Merokok tidak hanya mengurangi umur Anda, tetapi juga bisa meningkatkan risiko stroke. Beberapa stroke kecil adalah penyebab utama demensia. Narkoba sering dicampur dengan “kotoran” yang dapat menyebabkan kerusakan otak. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan ireversibel, yang mungkin tampak tak terlihat pada awalnya, tetapi akhirnya akan mengejar “kehidupan”  Anda.

4. Makan Makanan Sehat.
Otak Anda memiliki kebutuhan kritis untuk oksigen, glukosa dan nutrisi lainnya, yang tidak dapat disimpan oleh sel-sel otak, sehingga sepenuhnya tergantung pada apa yang ada dalam darah. Jika arteri yang tersumbat dengan kolesterol dari diet yang buruk, mereka tidak dapat menyediakan ini penting efektif. Untuk mengoptimalkan diet Anda, suplemen setiap hari dengan makanan yang kaya omega-3 seperti ikan, walnut atau kapsul minyak ikan. Cobalah untuk makan tiga kali per hari namun hanya mengkonsumsi cukup kalori untuk menjaga berat badan Anda. Studi juga menunjukkan bahwa makan sarapan yang seimbang meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kecerdasan.

5.Tidur yang nyenyak.
Jika Anda  bertanya, "Berapa banyak waktu tidur yang cukup?" Jawaban nya , "Sebanyak yang Anda butuhkan untuk bangun di pagi hari dengan perasaan segar." Itu bisa menjadi enam, delapan atau 10 jam. Ketika Anda tidur, mental Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Tidur yang tepat juga membantu memori Anda. Jika Anda menemukan Anda sering tidur terganggu dan pasangan Anda mengeluh bahwa Anda mendengkurkunjungi  dokter Anda. Anda mungkin memiliki sleep apnea, suatu kondisi medis yang serius.

6. Lakukan cek up Tahunan.
Kebanyakan orang mendapatkan tune-up mobil mereka setiap tahun - tapi mengejutkan berapa banyak orang tidak melakukan cek  fisik tahunan untuk diri mereka sendiri. Pemeriksaan menyeluruh akan membantu mencegah timbulnya apa yang bisa menjadi masalah kesehatan lebih besar. Pastikan bahwa Anda termasuk orang yang melakukan uji tes darah rutin yang memeriksa kadar tiroid dan, secara berkala, Anda butuh vitamin B12 dan vitamin D . Beberapa pasien demensia memiliki kekurangan B12. Ketika ketidakseimbangan ditemukan awal, suplemen dapat digunakan untuk membantu meningkatkan daya ingat dan tingkat energi secara keseluruhan. Hal yang sama berlaku untuk tiroid dan masalah darah lainnya - semua penting untuk fungsi otak yang sehat.

7. Buatlah To-Do List ( daftar apa sajayang akan anda kerjakan)
Membuat "to-do" daftar hal pertama di pagi hari adalah cara terbaik untuk mengatur hari Anda pada saat pikiran Anda jernih dan kurang rentan terhadap gangguan. Tindakan membuat daftar membantu proses berpikir Anda dan membuat pikiran Anda tajam dan terfokus. Plus, penanganan tugas-tugas satu per satu waktu - dan menyeberangi mereka dari daftar Anda - meningkatkan produktivitas, efisiensi dan perasaan lega, semua yang mengurangi stres.

8. Nikmati Kopi, Teh dan Coklat di waktu senggang.
Jika Anda  pecinta kafein-ini kabar baik bahwa penelitian menunjukkan bahwa kopi di moderasi - secangkir atau dua hari - dapat menunda atau memberikan beberapa perlindungan dari penyakit Alzheimer. Meski teh memiliki kurang kafein dari kopi, memiliki lebih banyak antioksidan yang memberikan perlindungan juga. Seperti untuk coklat, selain memperlakukan lezat, mengandung kafein dan zat kimia lainnya yang dapat membantu fungsi otak. Semakin gelap cokelat, semakin baik.

9.Seks dan Otak.
Banyak orang melakukan hubungan seks "di otak", tetapi, secara teknis, seks adalah bentuk latihan, yang dalam dan dari dirinya sendiri, adalah baik untuk Anda dan otak Anda. Konsensual, seks penuh cinta dapat menghasilkan relaksasi bagi banyak orang, yang juga sehat. Bahkan ada bukti bahwa seks dapat mengurangi hormon stres (yang dapat merusak fungsi otak) dan meningkatkan ukuran otak.

10. Bersosialisasi.
Berada di perusahaan bersama banyak orang, sebaiknya  Anda sukai dan nikmati, karena itu merupakan pendorong untuk otak Anda. Bersosialisasi, membuat teman baru, dan terlibat dalam percakapan merangsang - bahkan salah satu yang mengakibatkan perdebatan yang ramah - menjadikan proses berpikir Anda mengalir dan menjaga pikiran Anda aktif dan segar. Persahabatan positif dari orang lain adalah energi dan penghilang stres, yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar