Rabu, 30 November 2011

Cara Sehat Mengkonsumsi Mie Instan

Apakah mie instan merupakan makanan yang tidak sehat ? 
Kalau pertanyaan itu diajukan kepada saya, maka saya tidak bisa "menvonis" bahwa mie instant merupakan makanan yang tidak sehat. 
Akan tetapi, jika kita mau sedikit lebih jeli membaca komposisi dari makanan instant tersebut mungkin kita akan berfikir ulang untuk "berlebihan" dalam mengkonsumsinya. Sebab dalam kemasan tertulis beberapa zat yang di antaranya adalah zat-zat pengawet dan juga mungkin pewarna serta penyedap rasa. Yang mana zat-zat tersebut diyakini menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan manusia ( jika dikonsumsi secara tidak bijak ). Mungkin kita masih ingat ketika ada produk mie instant asa Indonesia yang ditolak oleh pemerintah salah satu negara tetangga gara-gara kandungan zat " berbahaya"-nya melebihi ambang batas yang mereka persyaratkan.
Lalu apakah kita tidak boleh mengkonsumsi mie instant ? Tentu saja boleh ( kalau saya melarangnya, bisa-bisa saya dituntut oleh perusahaan ). Hanya saja kita perlu bijak dalam mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang layak dipertimbangkan dalam mengkonsumsi mie instant.

Cara sehat mengkonsumsi mie instan :
pertama, batasi jumlah.
Konsumsilah mie instan setidaknya 3 bungkus setiap minggunya. Apa kalau lebih dari itu gak boleh ?
Konsumsi hendaknya di saat-saat "genting" seperti ketika gak ada makanan sama sekali di rumah, harus buru-buru rapat dll-nya. Jangan jadikan dia sebagai menu harian.

kedua, dua kali rebus.
Kalau toh misalnya kita terpaksa harus "memasak" mie instan, rebuslah mie instan dua kali. Kali yang pertama buang airnya, rebusan yang kedua baru kita konsumsi ( kalau mie rebus, kalau mie goreng air rebusan kedua kita buang ). Ini bertujuan untuk mengurangi zat-zat tertentu di dalam mie instant.

ketiga, kurangi bumbu.
Jangan gunakan semua bumbu yang sudah tersedia bersama-sama di dalam  kemasan. Gunakan bumbu separuhnya atau bahkan kurang dari itu. Kemudian tambahkan garam dapur sesuai selera. 

Keempat, tambahkan sayuran.
Untuk menetralisir zat-zat "tambahan" dalam mie instant, gunakan beberapa jenis sayuran semisal : wortel, seledri, kubis, cabe merah, bawang daun, bawang putih dan lain sebagainya.

Itulah empat hal yang layak kita pertimbangkan dalam mengkonsumsi mie instant secara sehat.
Ada beragam jenis makanan yang yang tersedia, terserah bagaimana kita mensikapinya. Jangan sampai kita makan untuk bisa bertahan hidup, terbalik menjadi hidup untuk makan.

1 komentar:

  1. wah biasanya mi instant yg kita tau gak sehat.... untung ada info ini lumayan infonya....

    BalasHapus