Rabu, 19 September 2012

Manfaat Teh Hijau dalam Kesehatan

Teh hijau,…ya siapapun dan apapun latar belakang anda pasti kenal dengan teh yang satu ini. Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, diyakini teh yang satu ini memberi manfaat yang begitu besar bagi kehidupan kesehatan manusia.

Beberapa manfaat teh hijau ( Green Tea ) bagi kesehatan manusia , antara lain 
      1. Menghambat Kanker .
Sudah sejak bertahun-tahun  silam , Teh Hijau diyakini mampu Menghambat Kanker . Teh hijau selalu dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang positif. Dalam sebuah studi oleh para peneliti di Universitas Purdue, sifat dari manfaat yang dikodifikasi. Para peneliti menemukan bahwa epigallocatechin gallate ( EGCg ), sebuah senyawa yang ditemukan dalam teh, menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa ini juga membunuh sel-sel kanker tanpa menyebabkan kerusakan pada jaringan sehat. Ini adalah salah satu dari studi pertama untuk membuktikan hubungan langsung antara gallate epigallocatechin dan penghambatan kanker. Daun teh hijau mengandung zat  ampuh yang tersimpan dalam EGCG. Studi ini menunjukkan bahwa konsumsi empat hingga lima cangkir teh hijau dapat memperlambat kanker. Studi sebelumnya telah menemukan kejadian yang lebih rendah dari kanker pada mereka yang mengkonsumsi jumlah teh hijau tetapi senyawa yang tepat yang menghasilkan penghambatan kanker ini tidak diketahui. Semua teh berasal dari sumber yang sama yakni pohon teh ( Camellia sp ). Tidak seperti jenis teh, teh hijau diproses berbeda. Dalam teh hijau, daun tidak dioksidasi melainkan dikukus. Proses ini memungkinkan bahan-bahan alami dalam daun teh tetap dipertahankan. Jenis lain dari teh bias dibilang hampir tidak sesukses teh hijau dalam menghambat sel-sel kanker. Teh hijau adalah sekitar sepuluh kali lebih kuat daripada jenis lainnya. Oksidase kinol atau NOx adalah enzim yang dihambat oleh EGCg. NOx hadir dalam sel-sel kanker dan diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel kanker serta sel-sel normal. Dalam kondisi normal, sel hanya mengekspresikan NOx karena stimulasi hormonal.. Para peneliti menemukan bahwa, pada tingkat tertentu, EGCg menghambat NOx pada sel-sel kanker dan bukan pada sel normal. Dengan membatasi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker, sel-sel tidak tumbuh ke ukuran minimum yang diperlukan untuk membelah dan sel apoptosis (kematian sel terprogram) terjadi. Para ilmuwan ingin memperluas studi dan menentukan mekanisme yang tepat dari penghambatan NOx. Pada titik ini, para ilmuwan mulai memahami efek inhibitif awal EGCg tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk dijabarkan mengenai mekanisme yang tepat. 

2.  Menjaga Kesehatan Tulang .
Studi penelitian lainnya mengenai Teh Hijau dan Kesehatan Tulang menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan merangsang  pembentukan tulang dan menghambat kerusakan tulang.  EGCg diduga berperan  untuk meningkatkan aktivitas enzim yang mendorong pertumbuhan tulang dan membantu menguatkan tulang. EGCg juga terbukti membantu mencegah kerusakan tulang oleh sel-sel tertentu yang menghambat / melemahkan tulang. Para peneliti berharap bahwa informasi yang diperoleh dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan pengobatan masa depan untuk osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

3. Menekan Penyakit Autoimun.
Penelitian tentang Teh Hijau dan Penyakit autoimun dari Linus Pauling Institute di Oregon State University menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu menekan penyakit autoimun.  Senyawa EGCg meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel-sel sistem kekebalan yang dikenal sebagai sel T . Pengaturan sel  T  membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dilakukan dengan cara mencegah kerusakan sel-sel sehat yang normal. Senyawa alami yang ditemukan dalam teh hijau bisa menjadi pengganti yang baik untuk obat farmasi yang juga membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Obat ini bagaimanapun juga , menyebabkan masalah toksisitas. Sementara itu studi dengan EGCg telah menunjukkan bahwa efeknya tidak sekuat beberapa obat farmasi, para peneliti memiliki keprihatinan sedikit tentang penggunaannya jangka panjang atau toksisitasnya.

4. Mencegah Penyakit Periodontal
Para peneliti Teh Hijau dan Kesehatan Gum mengklaim bahwa teh hijau dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit periodontal karena adanya anti-inflamasi . Teh hijau mengandung antioksidan yang mengganggu respon inflamasi yang terkait dengan penyakit periodontal. Hanya satu cangkir sehari telah cukup untuk  semua yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kesehatan gigi anda dan mengurangi risiko penyakit periodontal.

Itulah beberapa manfaat the hijau yang telah ditemukan oleh para ilmuwan. Semoga bermanfaat.

sumber : www. about.com

1 komentar: