Selasa, 09 Juli 2013

10 Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Indera Penciuman

Ada banyak alasan bagi Anda yang mungkin ingin meningkatkan kemampuan mengindera  bau. Untuk satu hal ini, sangat  terkait erat dengan indera perasa. Cobalah mencicipi makanan dengan hidung terjepit. Ini juga merupakan keterampilan yang diperlukan untuk menggambarkan aroma dalam anggur, kopi dan bir, bahkan teh. Dan pada umumnya, indera pencium manusia mampu mencium seluk-beluk dalam aroma bunga, atau kulit seseorang, atau daun tumbuhan tertentu ( seperti kemangi, sirih, jeruk dll ), dan dapat menawarkan dimensi yang lebih dalam kenikmatan.
Juga, apakah Anda tahu bahwa hidung manusia rata-rata dapat mendeteksi hampir 10.000 aroma yang berbeda?.
Di luar itu semua, Berikut ini carautk.blogspot.com akan  menunjukkan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan indera penciuman Anda,
 
Pertama, gunakan waktu lebih untuk “mengingat” apa yang sudah Anda bau.
Orang sering mengatakan "menggunakannya atau tidak menggunakannya" tentang otot, tapi hal yang sama dapat diterapkan terhadap indera. Semakin banyak Anda menggunakan indra Anda, semakin baik Anda dapatkan kemampuan itu. Pelajari cara untuk menggambarkan bau. Anda bahkan mungkin ingin menyimpan sebuah “memori penciuman”. Untuk latihan ekstra, mintalah seseorang memegang berbagai zat / benda berbau  saat Anda sedang ditutup matanya dan perhatikan apakah Anda dapat mengidentifikasi bau-bau itu dengan baik.
 
Kedua, Perhatikan bagaimana bau tertentu bisa Anda rasa.
Saraf  pembau secara langsung terhubung ke bagian emosional otak Anda, meninggalkan rasionalitas Anda. Studi menemukan, misalnya, bahwa bau pembungkus makanan cepat saji, roti segar atau kue meningkatkan kemungkinan rasa marah, peppermint dan kayu manis meningkatkan konsentrasi dan menurunkan iritabilitas pengemudi,  lemon dan kopi memberikan pemikiran yang jernih dan tingkat konsentrasi yang tinggi ( pada umumnya).
 
Ketiga, Hindari makanan yang menyebabkan produksi lendir berlebih.
Pernahkah ANda  memperhatikan bahwa rasa bau memudar, atau mungkin benar-benar hilang, ketika Anda merasa dingin? Kemacetan di membran di hidung yang mengandung ujung saraf bau-sensitif dapat menumpulkan kemampuan Anda untuk mencium, dan menghindari makanan yang memmenyebabkan  stuffiness (susu, keju, yoghurt dan es krim) mungkin bisa membantu. Cara ini mempengaruhi rasa yang adalah bahwa ada saluran dari bagian belakang tenggorokan anda untuk sel-sel sensorik pada hidung Anda. Jika saluran ini “diblokir”  oleh sejenis kemacetan, kemampuan Anda untuk mencicipi makanan akan terpengaruh.
 
Keempat, Hindari zat-zat yang dapat mengganggu indera penciuman.
Beberapa obat flu dapat membuat Anda kehilangan indera penciuman, seperti beberapa  produk intranasal. Merokok juga dapat mengganggu indera penciuman. ,  Jauhkan alkohol se minimum mungkin sebab  rasa penciuman terganggu jika tingkat alkohol dalam darah Anda meningkat
 
Kelima, asupan  seng (Zn)  lebih banyak dalam diet Anda.
Hyposmia (istilah medis untuk gangguan rasa penciuman) sering dikaitkan dengan kekurangan mineral seng. Untuk meningkatkan rasa bau, cobalah mengkonsumsi makanan kaya seng, seperti (tiram, lentil, biji bunga matahari, pecan) dan mempertimbangkan untuk mengambil suplemen multivitamin yang mengandung setidaknya 7 mg seng setiap hari.
 
Keenam, Latihan.
Studi menunjukkan bahwa indra penciuman kita lebih tajam setelah latihan , jadi inilah alasan lain untuk tetap fit menjaga kemampuan indera penciuman.
 
Ketujuh, Gunakan humidifier .
Humidifier adalah sebuah alat rumah tangga yang digunakan untuk meningkatkan kelembaban (moisture) di kamar atau seluruh ruangan dalam rumah. Peningkatan kelembaban di udara menyebabkan peningkatan kelembaban di dalam hidung Anda, yang meningkatkan indera penciuman.
 
Kedelapan, Tinggal jauh dari bau.
Kontak yang terlalu lama dengan  bau buruk cenderung mematikan kemampuan untuk mencium.
 
Kesembilan, ambil nafas pendek.
Ketika mencoba untuk mengidentifikasi bau, mengambil napas pendek, hirupan dangkal daripada satu hirupan tapi  panjang. Anda perhatikan  kucing dan anjing melakukan hal ini ketika mereka awalnya membau sesuatu. Hal ini meningkatkan kemampuan Anda untuk menghirup  aroma.
 
Kesepuluh, berlatih membau.
Ketika belanja makanan, perhatikan bahwa yang terbaik adalah barang berbau. Ketika membeli makanan, mulailah  memilih item yang tercium baik untuk Anda. Memilih roti gandum, misalnya, dan memutuskan membeli  keju atau tidak, cara terbaik dapat dilakukan dengan mengendus aroma roti dan keju dan menentukan kombinasi yang memiliki aroma yang optimal. Tentu saja,  bau yang terbaik akan menjadi refleksi dari apa yang tubuh Anda  paling butuhkan. Bahkan obat-obatan berbau atau botol vitamin dapat membantu Anda menentukan aroma  yang terbaik, dan oleh karena itu, pilih obat-obatan atau vitamin yang paling dibutuhkan tubuh Anda. (Namun, perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat atau vitamin  baru.) Ketika mempertimbangkan belanja untuk keluarga, akan ada kecenderungan bagi anggota keluarga untuk mendambakan makanan yang sama ketika mereka semua melakukan latihan yang sama dan makan sama
 
Beberapa hal perlu juga anda jadikan pertimbangan sebelum melakukan cara-cara di atas. Beberapa hal tersebut antara lain :
  • Tiba-tiba kehilangan indera penciuman yang paling sering disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas, seperti sinusitis dan pilek. Kurang umum, ketidakmampuan untuk mencium mungkin karena penyakit, seperti kerusakan saraf kranial I (saraf penciuman), cystic fibrosis menyebabkan polip hidung, hipotiroidisme, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, sindrom Kallman itu. Silahkan mencari nasihat medis jika Anda mengalami  kehilangan indera penciumanseperti hal yang dijelaskan.
  • Tidak semua bau yang ditemui menyenangkan. Jika indra penciuman Anda meningkat.  Anda mungkin akan mengindera bau busuk lebih kuat dari sebelumnya.
Jadi keputusan terakhir ada pada diri Anda sendiri. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar