Sabtu, 03 Mei 2014

Agar Otak Tidak Mengalami Kemunduran

Kelebihan manusia jika  dibandingkan dengan mahkluk  ciptaan Tuhan yang lain ( malaikat, jin, tumbuhan, hewan dll ) adalah bahwa manusia dibekali oleh Tuhan dengan akal pikiran ( otak ). Dengan otaklah manusia menjadi berbeda dengan mahkluk-mahkluk lain  Dengan otaknya manusia bisa membedakan mana baik  mana buruk, dengan otaknya manusia bisa menentukan salah atau benar. Bahkan dengan otaknya manusia bisa memilih mana yang bermanfaat dan mana yang membawa mudharad / kesia-siaan.
Melalui otak jugalah manusia bisa menjadi mahkluk yang percaya pada Tuhannya, namun terkadang karena otak juga lah manusia bisa menjadi mahkluk yang tidak percaya pada Tuhannya.
Apapun kelebihan otak yang dimiliki oleh manusia, satu hal yang tidak boleh kita lalaikan adalah bahwa seperti halnya mahkluk ciptaan Tuhan lainnya, otak manusia bisa mengalami kerusakan. Ya… otak manusia bisa rusak oleh berbagai factor pemicu terjadinya kerusakan itu.
Orang yang waras otaknya sudah tentu tidak ingin otaknya mengalami kerusakan, oleh karena itu kita perlu tahu bagaimana cara menjaga diri kita, keluarga kita dan saudara kita agar otaknya tetap baik tidak mengalami kerusakan.
 
Beberapa cara yang bisa kita lakukan agar otak kita tidak mengalami kerusakan antara lain adalah :
 
1. Makan Pagi / Sarapan.
Makan pagi atau lebih kita kenal sebagai sarapan merupakan hal pertama yang mesti kita lakukan  rutin setiap pagi sebelum kita berangkat entah bekerja, bersekolah, bahkan berwisata. Meskipun dengan sedikit nasi plus lauk dan sayur, ataupun sesisir roti tawar dan susu kental manis harus kita lakoni.
Sarapan pagi akan menjaga asupan  karbohidrat khususnya glukosa, sehingga kadar gula darah dalam system peredaran darah tetap terjaga. Berdasarkan penelitian ilmiah, turunnya kadar gula darah akan berakibat pada berkurangya nutrisi pada otak yang jika hal ini terjadi hamper setiap hari akan berakibat pada kemunduran fungsi otak.
Jika anda  suatu kali pernah tidak sarapan pagi karena terburu waktu, kemudian di siang harinya merasa pusing kepala itu bisa jadi disebabkan karena turunya kadar gula dalam darah anda akibat tidak sarapan pagi.
 
2. Makan secukupnya
Sering kali kebanyakan diantara kita tidak mampu mengendalikan diri di saat waktu makan, apalagi ketika di meja makan tersedia beraneka macam menu yang kita suka. Padahal terlalu banyak makan dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental. Oleh karena itu , makanlah ketika sudah merasa lapar secukupnya dan berhenti makan sebelum kenyang.

3. Tidak MerokokBagi para perokok berat, cara yang ketiga ini mungkin merupakan cara yang paling berat untuk ditinggalkan. Tapi demi keberlangsungan otak, mau tidak mau ini harus anda lakukan, sebab merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.
 
4. Mengkonsumsi gula sesuai kebutuhan.
Jika manusai kekurangan gula akan berakibat buruk pada otak, namun jika terlalu banyak gula juga akan berakibat tidak baik pada otak. Penelitian ilmiah menemukan bahwa jiak seseorang terlalu banyak mendapatkan asupan gula maka penyerapan protein dan gizi lainnya akan terhalang sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.
 
5. Menghindar dari Polusi udara
Cara kelima ini mungkin juga cara yang sulit untuk kita hindari, apalagi bagi kita yang hidup di daerah perkotaan atau daerah industry. Hal ini dikarenakan saat ini tingkat pencemaran udara di lingkungan kita sudah sedemikian tinggi tingkatannya. Kalau dikota-kota besar polusi udara lebih banyak disebabkan oleh asap kendaraan berbahan bakar fosil, di kota-kota industry polusi udara disebabkan oleh asap pembakaran proses produksi. Bagaimana mungkin kita menghindarinya ? susah memang.
Tapi satu hal yang perlu kita tahu adalah bahwa Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien dan pada akhirnya bisa menurunkan daya potensinya. Saran terbaik ( meskipun bagi kebanyakan kita ini sulit untuk dilakukan ) adalah tinggal di pedesaan yang masih minim tingkat polusi udaranya, sementara di kota besar atau kota industry hanya sebagai tempat kita untuk bekerja.
 
6. Cukup  tidur
Tidur berarti mengistirahatkan beberapa organ penting dalam tubuh kita. Menurut beberapa referensi kebutuhan jam tidur bagi orang dewasa antara 6 – 8 jam / hari. Sehingga secara matematis jika kita berangkat tidur mulai pukul 22.00 dan bangun pukul 04.00 rasanya sudah cukup memenuhi kebutuhan waktu tidur kita. Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering terjaga / begadang / melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.
 
7. Biarkan kepala tetap terbuka ketika tidur
Mungkin ada beberapa di antara kita yang tidak bisa tidur di ruangan yang terang ada cahaya, sehingga terpaksa menutupi kepalanya entah dengan selimut atau kain pada saat tidur. Padahal tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jika hal ini menjadi kebiasaan terus menerus maka akan berdampak buruk bagi kesehatan otak. Solusinya adalah buat cahaya redup ketika tidur, atau kalau anda terbiasa dan bisa matikan lampu kamar tidur disaat kita tidur.
 
8. Berpikir santai di saat sakit.
Mahalnya biaya rumah sakit saat ini tentu menjadi masalah tersendiri bagi sebagian besar kita. Bahkan orang yang masuk kategori kaya sekalipun akan berpikir lebih keras dari biasanya ketika dirinya atau anggota keluarganya sedang sakit apalagi dirawat di rumah sakit. Atau terlalu takut mati sehingga otak dipaksa untuk berpikir terlalu keras, terlalu tegang.
Penelitian menemukan bahwa bekerja keras atau belajar terlalu keras ketika kondisi tubuh sedang tidak fit  ( sakit ) juga memperparah ketidakefektifan otak.
 
9. Stimulasi otakSesuatu yang dibiarkan nganggur atau tidak dipakai biasanya akan menjadikan sesuatu itu makin lama akan semakin mengalami kerusakan. Ibarat barang elektronik, terlalu sering dipakai bisa rusak, terlalu jarang dipakai juga rusak. Demikian halnya dengan otak kita. Oleh sebab itu untuk menjaga agar otak kita tidak mengalami kemunduran makan sering-seringlah menggunakan otak anda. Bagaimana caranya ? Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.
 
10. Biasakan berbicara / jangan banyak diamBerbicara yang dimaksudkan di sini adalah berbicara dalam koridor tertentu. Berbicara yang baik untuk kesehatan otak adalah berbicara dalam rangka diskusi ( Percakapan intelektual ) tentang sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Misalnya diskusi menyelesaikan suatu permasalahan kehidupan, berdiskusi dalam belajar, berdiskusi dalam masalah-masalah keagamaan, diskusi masalah-masalah social, dan sejenisnya. Diskusi semacam itulah yang biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Namun sebaliknya, terlalu banyak berbicara mengenai masalah-masalah yang tidak semestinya seperti menggunjing, debat kusir justru akan berakibat buruk pada keberlangsungan otak kita.
 
11. Banyak mengingat Tuhan
Apapun keyakinan agama yang kita anut, selalu mengingat Tuhan pada saat apapun, dalam kondisi apapun, dimanapun kita bearada akan berakibat baik bagi otak kita. Bahkan dalam salah satu agama disebutkan bahwa dengan banyak mengingat Tuhan hati manusia akan menjadi tenang. Tenangnya hati akan berakibat baik bagi otak manusia yang hatinya tenang.
Pada akhirnya, ini adalah pilihan bagi anda untuk mengambil ataupun tidak mengambilnya. Karena terkadang setiap kita punya pemikiran dan punya pilihan untuk menentukan kehidupan kita masing-masing pada masa kini, dan nanti.
 
Semoga bermanfaat……………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar