Sabtu, 14 November 2009

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL ) SMA/MA TAHUN 2010

Berikut ini adalah standar kompetensi lulusan ( SKL ) dan kompetensi yang diuji pada UJIAN NASIONAL ( UN ) SMA/MA TH. 2010

Mata Pelajaran BIOLOGI yang rencananya akan digelar pada akhir bulan Maret 2010.
SKL 1 : Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati , prinsip-prinsip klasifikasi,dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.
Kompetensi yang diuji :
a. Menjelaskan kunci determinasi sederhana dan tata nama binomial organisme pada kehati di Indonesia
b. Menjabarkan konsep keanekaragaman hayati tingkat gen, species dan ekosistem.
SKL 2 : Menjelaskan ciri2 virus, protista, monera, dan fungi serta peranannya bagi kehidupan.
Kompetensi yang diuji :
Mengidentifikasi virus, protista, monera, dan fungsi serta peranannya bagi manusia
SKL3: Menjelaskan ciri-ciri plantae dan animalia serta peranannya bagi kehidupan
kompetensi yg diuji :
a. Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan plantae meliputi lumut, paku, dan tumbuhan biji
b. Mendeskripsikan daur hidup invertebrata
c. Membandingkan ciri-ciri hewan chordata
SKL4 : Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dg keseimbangan lingkungan dan pelestariannya. Kompetensi yg diuji :
a. Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, daur biogeokimia
c. Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariaannya
SKL5: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dg struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan dan manusia.
Kompetensi yg diuji :
a. Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan
b. Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya
c. Mengidentifikasi jaringan dan organ pada manusia beserta fungsinya
SKL6 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yg mungkin terjadi
Kompetensi yg diuji :
a. Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia
b. Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya
c. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan identifikasi gangguannya
d. Mendeskripsi sistem pernapasan pada manusia dan identifikasi gangguannya
e. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan identifikasi gangguannya
f. Mendeskripsikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya
g. Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya
SKL7 : Menjelaskan faktor-faktor yg mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yg terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan.
Kompetensi yang diuji : a. Menentukan faktor2 internal dan eksternal yg mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
b. Menginterpretasi percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman
SKL8 : Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dg metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yg berkaitan dg metabolisme
Kemampuan yg diuji :
a. Menginterpretasi percobaan2 enzim dlm metabolisme karbohidrat dan protein
b. Mendeskripsikan proses respirasi sel ( katabolisme lemak, protein, lemak )
c. Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya
SKL9 : Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pd salingtemas. Kemampuan yg diuji : a. Mendeskripsikan susunan nukleotida, dna, rna, dan kromosom.
b. Menjabarkan proses sintesis protein
c. Menjelaskan tahap2 mitosis dan meiosis pd tumbuhan dan hewan
d. Mendeskripsikan hk.MENDEL dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hk.mendel e. Mendeskripsi peristiwa mutasi beserta contohnya
SKL9 : Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pd perkembangan sains
Kemampuan yg diuji : a. Mendeskripsi teori asal usul kehidupan dan pembuktiannya
b. Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi
c. Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dg kesetimbangan populasi
SKL11: Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan.
Kemampuan yang diuji :
a. Menjelaskan dampak biotek bagi masyarakat dan lingkungan
b. Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contoh2nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar